Harga SSD Akan Turun Hingga 50% Tahun 2019

Info Ray Computer - Jika kamu berencana untuk membeli SSD di tahun 2019, ada berita yang sangat bagus mengenai hal tersebut. Baru-baru ini, DigiTimes melaporkan bahwa harga SSD akan mengalami penurunan yang cukup besar hingga 50%, bahkan di penghujung tahun ini perubahan sudah mulai terjadi.

Digitime mengutip hal tersebut berasal dari “sumber industri” yang cukup akurat, sehingga harga flash NAND diperkirakan akan terus menurun pada awal hingga pertengahan tahun 2019, terlebih lagi bahwa ini disebabkan oleh pabrik SSD yang memperluas kapasitas produksi mereka dalam upaya untuk meningkatkan profitabilitas, serta penerapan teknologi NAND 96-layer. Teknologi ini memungkinkan SSD yang lebih padat dan solusi penyimpanan yang jauh lebih murah.

Hal tersebut juga diperkuat oleh komentar Simon Chen, ketua Adata Technology, salah satu produsen SSD terkenal dari Taiwan. Ia mengatakan bahwa pembuat flash tidak hanya akan terus meningkatkan kapasitas produksi untuk fasilitas penyimpanan flash mereka, tetapi produk flash NAND benar-benar akan memiliki penurunan lebih besar dalam harga berikutnya, jauh lebih signifikan jika dibandingkan dengan tahun sekarang.

Banyak vendor penyimpanan flash diharapkan untuk memulai produksi massal dari 96-layer 3D NAND SSD pada semester pertama 2019. Kebanyakan dari mereka sedang membangun kapasitas untuk pembuatan 50.000-100.000 96-layer chip NAND 3D per bulan, sementara China Yangtze Memory Teknologi diperkirakan akan mencapai kapasitas produksi 150.000 chip per bulan.

Meskipun begitu, penurunan harga yang terjadi pada SSD sepertinya tidak diharapkan di pasar DRAM, terutama karena hanya ada sedikit persaingan di sana. Tiga produsen chip DRAM (Samsung, SK Hynix dan Micron) tidak berniat untuk memperluas kapasitas produksi mereka terlalu banyak pada 2019, meskipun akan ada peningkatan permintaan untuk DRAM untuk sistem game, pusat data dan industri otomotif, lanjut Chen. Bahkan, pada bulan September, ada laporan bahwa Samsung justru membatasi produksi DRAM pada tahun 2019, agar mereka bisa mempertahankan harga tinggi untuk urusan DRAM mereka.

Terlepas dari itu semua, kabar baiknya adalah kita bisa mengupgrade solusi penyimpanan terbaik dengan SSD, dimana harga SSD akan jauh lebih terjangkau pada akhir tahun ini, dan memiliki penurunan yang cukup besar di tahun 2019.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages